Gallery

Ujian dan Nyontek


Ujian dan Nyontek

Ujian baik tengah semester atau akhir semester adalah bagian dari proses belajar terstruktur dalam pendidikan di kampus. Dalam kesempatan tersebut kepada mahasiswa diberikan soal untuk dijawab sesuai dengan kemampuan masing-masing. Diharapkan dari ujian ini akan terlihat siapa yang lebih tahu dan lebih mampu, siapa yang kurang dan siapa yang tidak tahu diantara peserta kuliah.
Ada diantara mahasiswa yang dengan sungguh-sungguh bekerja dan belajar keras serta secara jujur menjawab, namun ada pula yang sebaliknya. Bagi mereka yang kategori pertama, ujian adalah ujian bagi dirinya, sementara yang terakhir ujian hanyalah mencari nilai.
Nyontek kadang masih banyak yang melakukan. Padahal banyak yang memberikan sikap negatif kepada mereka yang nyontek. Misalnya “nyontek sama dengan korupsi hingga dengan tegas kami haramkan. Kalau ada siswa yang mencontek langsung dikeluarkan tanpa surat peringatan terlebih dulu. Siswa harus belajar untuk mendapatkan nilai dengan cara halal bukan haram seperti nyontek,” tegas Ketua Yayasan Pendidikan Al-Ma’soem, H. Nanang Iskandar Ma’soem, SE, MS, (Pikiran Rakyat 20 maret 2004). Ada pula yang menyatakan nyontek berarti membantu orang tua jadi boleh, yah macam-macam..
Pilihan memang ada pada masing-masing orang, mau jujur atau mau nyontek. Kesemuanya memberikan akibat masing-masing.
Kepada peserta manajemen pemasaran, mudah-mudahan tidak tergoda nyontek. Di Kampus kita sudah jelas hukumnya, kalau ketahuan nyontek pasti tidak lulus.

Selamat bekerja.
http://ysutarso.wordpress.com/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s