Gubernur Bengkulu Agusrin Hadapi Putusan Sela


Gubernur Bengkulu Agusrin Hadapi Putusan Sela
Headline

Agusrin Najamuddin

Oleh: Santi Andriani
Nasional – Selasa, 1 Februari 2011 | 09:25 WIB

INILAH.COM, Jakarta- Majelis Hakim perkara dugaan korupsi Gubernur Bengkulu Nonaktif Agusrin Najamuddin hari ini (Selasa, 1/2/2011) akan membacakan putusan sela terhadap perkara Agusrin itu.

Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu akan memutuskan apakah perkara pimpinan daerah yang berasal dari Partai Demokrat itu dihentikan atau dilanjutkan proses pemeriksaannya di pengadilan. Majelis Hakim diketuai Syariffudin.

Sidang putusan sela itu digelar setelah pada persidangan Selasa (25/1/2011) Jaksa Penuntut Umum menilai kasus Agusrin layak dimajukan ke persidangan karena pihaknya memiliki bukti-bukti yang cukup kuat atas keterlibatannya dalam dugaan korupsi di Bengkulu.

Menurut JPU yang diketuai Jaksa Sutarna, dalam dugaan korupsi penyalagunaan dana APBD Pemprov Bengkulu itu, sudah ditemukan alat bukti yang cukup kuat bahwa Agusrin mengetahui dan menyetujui pembuatan rekening di luar rekening resmi kas daerah untuk menampung dana kas.

Sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Agusrin menyatakan keberatan atas dakwaan JPU terhadap kliennya. Tim yang diketuai Pengacara Marthen Pongrekun menilai dakwaan JPU error in persona dengan menjadikan Agusrin sebagai tersangka.

Kuasa Hukum berpendapat yang melakukan kejahatan korupsi adalah anak buah Agusrin, Kadispenda Bengkulu, Chairuddin yang sudah dihukum oleh PN Bengkulu. Dia menggunakan putusan Chairuddin sebagai penguat bahwa Majelis Hakim tidak menyatakan Agusrin sebagai pelaku bersama-sama Chairuddin dalam kejahatan itu.

Agusrin dihadapkan ke meja hijau karena diduga melakukan tindak pidana korupsi yaitu menyalahgunakan uang kas daerah untuk kepentingan pribadinya sehingga merugikan keuangan negara sebesar Rp20,162 miliar. [nic]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s