Sempat Ricuh, Abdul Gani Pimpin DPD PAN


http://harianrakyatbengkulu.com

internet 2BENGKULU- Konstalasi politik di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) Kota memang benar-benar panas. Walikota Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, SH,MH yang sempat diunggulkan dengan mengkantongi dukungan suara 6 DPC, ternyata berubah drastis di detik terakhir. Kanedi gagal jadi orang nomor satu PAN Kota. 

Kericuhan, interupsi, sempat mewarnai jalannya pemilihan Ketua DPD PAN dengan sistem voting hingga akhirnya Abdul Gani (Ketua DPC Muara Bangkahulu) melaju mulus sebagai Ketua DPD PAN Kota dengan mengantongi 61 suara dari dari 86 suara sah. Sementara Ahmad Kanedi hanya mengkantongi 25 suara. Berdasarkan rapat formatur juga diputuskan duduk di posisi MPP, Muksis Bagindo Sutan alias Ujang Roy, Sekretaris Indra Sukma dan Bendahara Iffarizon.

Dalam sambutannya usai terpilih sebagai Ketua DPD PAN Kota, Abdul Gani mengatakan dirinya siap memimpin PAN selama 5 tahun ke depan, dan siap mensukseskan seluruh agenda PAN.

“Perasaan saya masih campur aduk, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kader PAN terhadap saya. Ke depan PAN akan siap menyukseskan seluruh agenda PAN, termasuk dalam bursa pilwakot,” terangnya.

Sementara itu, usai pemilihan Ahmad Kanedi yang sempat mengucapkan selamat dan berpelukan erat dengan Abdul Gani, memilih meninggalkan Raffles City Hotel. Ia diikuti beberapa pendukungnya.

Dicegat awak media, Bang Ken, sapaan akrab Kanedi tampak tenang dan mengatakan tidak terlalu mempermasalahkan hasil Musdalub. Sebagai kader PAN dirinya menghargai hasil yang ditentukan dan merupakan keputusan DPC dan ranting.

“Siapapun yang menang harus kita dukung, dan inilah hasil Musda yang harus dihargai. Bersama-sama memajukan PAN. Yang menang tetap saudara ku, karena di PAN semuanya adalah saudara,” terangnya legowo.

Disinggung, gagal meraih kursi nomor 1 di DPD PAN sebagai bentuk penjegalan dirinya maju Pilwakot 2012, Bang Ken enggan berkomentar banyak. “Kita berpikir positif saja, segala sesuatu itu diniatkan dihati. Bukan dengan ambisi dan emosi. Kalau soal Pilwakot 2012 saya belum berpikir ke sana, masih fokus menyelesaikan tugas-tugas yang ada saat ini,” tandas Kanedi.

Musdalub yang dihadiri pengurus DPP, HA.Bakrie, SE dan Dewi Qoryati, dibuka langsung oleh Ketua DPW Helmi Hasan, dan dihadiri sejumlah undangan diantaranya Plt Gubernur H Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd, Ketua DPC Demokrat H Edison Simbolon, Ketua DPD PPP Ujang Putra. Sejumlah anggota DPRD Kota, Hj Lenny Jhon Latief, Hendrik Hutagulung dan Sutardi.

Musdalub yang berlangsung panas tersebut diwarnai beberapa kali protes dan hentakan meja. Sehingga upaya yang dilakukan DPP PAN untuk memfasilitasi pemilihan Ketua DPD secara mufakat mentah hingga dua kali.

Diketahui, ada 10 kandidat dalam bursa Ketua DPD. Mereka, Abdul Gani, Supriyanto, Abdul Goni, Erwan Suja’ah, Zainal Arifin, Ahmad Kanedi, Zainul Arifin, Iffarizon, Indra Sukma dan H Adhar. Saat musyarakat mufakat pertama digelar, 4 kandidat menyatakan mengundurkan diri. Yaitu Zainal Arifin, H Adhar, Abdul Goni dan Indra Sukma.

Upaya pemufakatan pun dilakukan ulang oleh DPP yang difasilitasi HA.Bakrie melibatkan 6 kandidat yang akan maju dalam ruangan tertutup. Disinilah letupan-letupan kericuhan mulai mengemuka, sehingga berlangsung cukup alot. Baru sekitar 45 menit berjalan, salah satu kandidat Abdul Gani langsung keluar dengan nada emosi dan memukul pintu ruangan yang semula tertutup. Pihaknya langsung menyerukan pemilihan dilakukan dengan voting bukan dengan mufakat. Kalimat-kalimat tak sedap mulai bersahutan. Beberapa kandidat mulai menyerukan tidak ada calon tunggal dalam pemilihan Ketua DPD PAN, dan harus dilakukan voting.

Sempat beredar isu, calon yang diajukan verifikasi ke DPP ada yang dicoret oleh DPP. Hal ini semakin membuat panas suasana Musdalub. Bahkan selentingan muncul kalau DPP memberlakukan anak tiri dan anak emas terhadap kader PAN. Hal ini langsung ditepis, Ketua DPW PAN Provinsi, Helmi Hasan dengan meminta pihak DPP agar membacakan hasil verifikasi yang dilakukan DPP.

Berdasarkan surat DPP PAN/A/A/K/SJ/065/11/2011 tertanggal 7 Februari 2011, dari 10 kandidat yang diajukan untuk verifikasi semuanya lolos sebagai formatur dan direstui DPP maju. Hanya saja, calon ketua DPD yang sudah melewati tahapan verifikasi tidak boleh mendaftar lagi sebagai calon ketua DPD. Dari hasil itulah kandidat mulai mengerucut, hanya ada tiga calon yang layak untuk bertarung, yaitu Abdul Gani, H. Adhar dan Ahmad Kanedi. H. Adhar selaku Plt Ketua PAN sendiri mengatakan mengundurkan diri, dengan alasan menghargai proses mufakat sebagai pengambilan keputusan. Atas pengunduran diri H Adhar itulah, proses pemilihan voting digelar.

Dinamika Politik

Sementara itu, Ketua DPW PAN, Helmi Hasan membantah jika Musdalub PAN ricuh. Menurutnya, adanya protes, penyampaian aspirasi adalah dinamika politik yang wajar dan sah-sah saja dalam suatu proses pemilihan ketua.

“Saya pikir tidak ricuh. Inilah dinamika politik dari sebuah Partai Amanat Nasional. Bahwa inilah partai yang reformis dalam memilih kepemimpinan. Inilah bagian dari demokrasi,” terangnya.

Merujuk dari hasil Musdalub dan kemungkinan PAN merebut kursi walikota tahun 2012, dikatakan Helmi pihaknya belum bicara soal pilwakot karena masih lama yaitu 2012 mendatang. Namun yang jelas PAN akan mencermati dari nama-nama yang muncul dan melakukan penyaringan dulu.

“Ada banyak nama yang masuk, mulai dari kader kita sendiri Ahmad Kanedi yang disebut-sebut, ada juga dari kalangan akademisi misalnya rektor Unib. Juga ada dari kalangan media massa. Sifatnya PAN masih akan melakukan penjaringan. Yang paling penting hasil survey yang akan diputuskan siapa yang diusung PAN,” tandas Helmi.(adn)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s