Laptop tetap Diminati Konsumen


Senin, 07 Februari 2011 10:14 WIB
Laptop tetap Diminati KonsumenMI/Rommy Pujianto/wt 

SEMARANG–MICOM: Prospek penjualan laptop di Semarang masih cerah meskipun piranti lain yang juga bisa menjalankan sistem operasi komputer belakangan ini kian marak, seperti telepon seluler pintar (smartphone), Blackberry, dan komputer tablet.

Wakil Manager Pemasaran “Advan” Semarang, Ardiyanto di Semarang, Senin (7/2), mengatakan omzet penjualan pada masa pameran bisa mencapai 10 unit per hari, sedangkan personal computer (PC) semakin kehilangan peminat karena selama masa pameran tidak satu pun yang terjual.

Ditemui pada hari terakhir pameran komputer di Java Mal Semarang, Ardiyanto mengaku harga laptop saat ini semakin murah sehingga semakin banyak konsumen yang membeli laptop.

Ia menyebutkan pihaknya juga menawarkan harga promosi selama pameran, seperti Advan P1N-46125 ukuran 10 inci dari semula Rp2.499.000/unit hanya ditawarkan Rp2.399.000 per unit.

“Demikian juga dengan Advan G4i-35132 S ukuran 14 inci yang ditawarkan dengan harga Rp3.999.000 per unit. Padahal, harga sebelumnya mencapai Rp4.249.000 per unit,” katanya.

Apalagi, kata dia, penampilan laptop saat ini semakin menarik dengan menawarkan beragam warna yang membuat konsumen lebih tertarik untuk memiliki salah satu varian komputer jinjing itu.

“Untuk laptop yang paling banyak diminati saat ini yang berukuran 15 inci, dibandingkan ukuran 10 dan 14 inci,” katanya, seraya menambahkan “Advan” menyediakan laptop ukuran terkecil 10 inci.

Lebih diminatinya laptop ukuran 15 inci, kata Ardianto, lebih karena spesifikasi dan ketersediaan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang bersangkutan.

Hal senada juga diungkapkan Nana, Wakil Manajer Pemasaran Acer Semarang yang mengatakan harga laptop yang semakin murah menjadikannya mampu bersaing dengan berbagai peranti lainnya.

“Untuk laptop ukuran 15 inci berkisar antara Rp3-5 juta per unit, cenderung turun dibandingkan akhir tahun lalu yang sempat mencapai Rp4-8 juta per unit. Laptop 15 inci paling banyak diminati,” katanya.

Ia mengakui bahwa konsumen lebih memilih laptop ukuran 15 inci dibandingkan ukuran lebih kecil, seperti 10 inci, namun tak sampai membuat laptop ukuran 10 inci kehilangan peminat.

“Masih tetap ada yang mencarinya (laptop ukuran 10 inci, red.), namun tidak banyak,” kata Nana, tanpa menyebutkan jumlah laptop yang terjual selama pameran yang berlangsung lima hari itu.

Masih cerahnya prospek penjualan laptop ternyata berimbas pula terhadap penjualan modem, sebagai salah satu perangkat penghubung pengguna laptop dengan dunia maya.

“Rata-rata kami sanggup menjual modem sekitar 10-15 unit per hari, namun pada hari terakhir pameran ini (31/1) modem yang terjual mampu menembus 53 unit,” kata Cyntia, Pemasaran Naviri Comp Semarang. (Ant/OL-9)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s