10 Alasan Mengapa Kita Bermain Tenis Meja

(Tulisan Greg Letts, ditranslasi secara bebas dari http://tabletennis.about.com)


Hampir setiap orang pernah bermain tenis meja pada suatu waktu, yang merupakan olahraga paling populer di dunia. Tapi apa alasan tenis meja dimainkan oleh sedemikian banyak orang? Dan apa yang ditawarkan permainan ini untuk anda?

1. Kesehatan dan kebugaran

Tenis meja sangat baik untuk kesehatan anda, luar biasa untuk mengeluarkan keringat dan meningkatkan aktivitas jantung. Untuk level yang lebih tinggi, tenis meja adalah olahraga tercepat di dunia. Tetapi kita tidak harus menjadi pemain profesional untuk mendapat hasil yang baik. Hanya beberapa jam saja seminggu – dengan memukul si “kecil” putih/ orange dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita.

2. Tidak bahaya untuk badan

Ini sangat aman bagi tubuh. Kita dapat bermain pingpong sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan tubuh kita, dan masih bisa kompetitif. Dan sebagai olahraga non-kontak dengan lawan main, kita tidak usah khawatir memar, cedera atau patah tulang yang mungkin kita dapatkan dalam olahraga kontak.

 

3. Semua orang dapat melakukanny

Tidak ada batasan umur atau jenis kelamin, sangat umum di klub tenis meja ada anggota yang berumur 60 tahun bertanding melawan bocah 15 tahun, atau pemain lelaki bertanding dengan pemain wanita, dan dengan setiap orang yang mempunyai waktu dan pertandingan yang tertutup . Setiap anggota keluarga dapat bermain semua tanpa khawatir pemain yang lebih besar atau lebih kuat mendominasi permainan.

Faktanya banyak atlit cacat dapat bersaing dalam suatu turnamen dengan atlit yang sehat dan tidak cacat, karena lebih mengandalkan pada peraturan pertandingan dibanding dengan tenaga atau kekuatan.

(- sebagai contoh di Indonesia, David Jacobs adalah atlit cacat tangan kanan sejak lahir, tapi beliau menjadi atlit tenis meja yang disegani dalam setiap pertandingan & pernah menjadi pemain tenis meja no #1 di Indonesia – )

4. Sebuah Olahraga untuk kehidupan

Tenis meja adalah olahraga berkelanjutan, yang dapat di mainkan secara kompetitif hingga umur 80-an dan setelahnya. Tak ada kata terlambat untuk memulai dan kita tidak harus gantung bat karena terlalu tua untuk berolahraga. Jika kita semakin tua, lebih baik banyak menggunakan taktik dan teknologi seperti karet bintik panjang atau antispin. Hal ini dapat mengkompensasi refleks yang melambat atau kecepatan yang menyusut di lapangan.

5. Mengasah mental kita agar tetap tajam

Semakin kita tua, pingpong semakin bagus untuk otak. Di lapangan pertandingan kita dipaksa berfikir kritis, merencanakan dan menerapkan strategi, yang akan membantu orang tua tetap berfikir aktif.

6. Dapat dimainkan kapan saja

Tenis meja merupakan permainan dalam ruangan (indoor), bukan olahraga musiman. Kita dapat memainkannya sepanjang tahun, siang atau malam, dan kita tak perlu khawatir cuaca buruk atau harus memakai tabir surya untuk melindungi dari sinar ultra violet.

7. Dapat dimainkan di mana saja

Area yang dipakai sangat efisien. Kita tidak memerlukan ruang yang sangat besar untuk dapat menikmati tenis meja di rumah, dan meja dapat dilipat kembali jika kita tidak sedang menggunakannya. Tetapi jika kita benar-benar perlu ruang lebih leluasa kita dapat pergi ke klub lokal yang mempunyai cukup ruang yang luas. Di gedung olahraga, bisa memuat 8 hingga 16 meja jika kita menggunakan lapangan basket. Mainkan secara ganda/double maka ada 64 yang bisa bergembira sekaligus.

8. Mempunyai teman-teman baru

Tenis meja merupakan olahraga tersosial. Kita akan dapat bertemu dengan banyak orang pada sebuah klub. Ikutlah dalam sebuah kompetisi sewaktu-waktu dan kita akan dapat bersaing dan bersahabat dengan semua penggila tenis meja.

9. Tidak menghabiskan uang

Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk bermain pingpong. Raket lengkap dapat dibeli sekitar $ 50 (+/-500 ribu? Kalo di Indonesia sudah dapat yang lumayan ni. Saya kira Rp. 150 juga sudah mencukupi) dan memadai untuk belajar tenis meja. Raket yang bagus untuk pemain menengah dan ahli biasanya sekitar $100 – 200 (sekitar rp. 800 deh, bisa dapat dengan berbagai macam pilihan -). Walau pun itu raket termahal, tidak akan melebihi dari beberapa ratus dollar saja. Sebagai tambahan, biasa untuk bergabung dengan klub dan biaya bulanan biasanya sangat rendah dibanding dengan olahraga lain seperti golf, tennis, badminton dan yang lainnya.

10. Nikmatilah

Sangat menyenangkan! Tenis meja adalah olahraga ajaib untuk dilakukan sepanjang hayat. Sangat mudah dimainkan, namun sulit untuk menjadi ahli. Kita akan selalu menghadapi tantangan lain untuk semakin maju dan ada gunung lain yang harus didaki (peribahasa bule ni).

 

(http://tenismejakita.wordpress.com)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s