Duh…Hampir Separo Warga Australia Anti-Islam


http://www.republika.co.id

Rabu, 23 Februari 2011, 18:34 WIB

Smaller Reset Larger
sbs.com.au

Duh...Hampir Separo Warga Australia Anti-Islam

Muslim Australia

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA – Sebuah studi nasional menemukan bahwa hampir 50 persen warga Australia mengidentifikasi diri mereka sebagai memiliki sikap anti-Muslim.

Peneliti dari gabungan universitas di semua negara bagian dan menyarasar ribuan responden ini bertujuan untuk mengetahui sikap mereka terhadap perbedaan budaya dan apakah mereka pernah mengalami rasisme. Penelitian ini menemukan sekitar satu dari 10 Australia mengidentifikasi diri mereka sebagai berprasangka terhadap budaya lain.

Sekitar seperempat dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka memiliki sikap anti-Semit atau anti-Asia, sedangkan jumlah yang sedikit lebih besar yang berprasangka terhadap suku Aborigin.

Sentimen anti-Muslim berada dalam persentase tertinggi, yaitu 48,6 persen.

Peneliti utama Profesor Kevin Dunn dari University of Western Sydney, mengatakan retorika politik belakangan ini tidak membantu. “Jika Anda terus berbicara tentang sebuah kelompok sebagai masalah, apakah itu para pencari suaka atau Muslim, maka itulah yang akan disimpan dalam benak publik,” katanya.

New South Wales adalah negara yang paling toleran terhadap umat Islam. Namun, lebih dari 54 persen orang mengekspresikan prasangka multiras.

Presiden Dewan Mahasiswa Internasional, Robert Atcheson, mengatakan survei lain pukulan bagi reputasi Australia yang sudah rusak. “Jika Anda seorang siswa internasional yang ingin datang ke Australia untuk belajar, maka hasil survei ini sudah pasti bisa mempengaruhi keputusan mereka untuk pergi ke tempat lain,” katanya.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: abc.net.au

http://www.republika.co.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s